Jalan Menuju Pendidikan Internasional

Dipresentasikan oleh :
Ramot Simanjuntak, SS (Ray)

Maximize Indonesian Teacherhood - To Become English Facilitator
(Memaksimalkan Keguruan Guru Indonesia - Menjadi Facilitator Bahasa Inggris)
April 3rd, 2010
Start at 09.00 - 12.00

RRayProFoundation@yahoo.com
61-21-80229257
61-21-813.8686.4167


Untuk :
Pendidik Indonesia

“Tidak bisa tidak, karena memang harus ada target dan system yang mengikat dan membuat suatu komunitas berbahasa dan biarkan system itu yang bekerja sendiri”. (Ramot Simanjuntak, SS) 

Latar Belakang : 

1. Dunia mengajar sekarang ini membutuhkan Bahasa Inggris, sebagai penunjang pemahaman Teknologi Informasi.
2. Sesuai tuntutan pemerintah dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah RI no.14 Guru kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi. 
3. Guru profesional yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan zaman yaitu Pendidik Berwawasan Global yang dapat menjawab dinamika pengajaran sekarang ini.
4. Menjadi kelebihan sekolah jikalau mampu memberdayakan guru lokal menjadi English Facilitator, karena tidak perlu lagi mencari tenaga outsourcing.
5. Inilah salah satu cara menciptakan Bilingual Teacher dan salah satu jalan menuju Bilingual School yang bertaraf Internasional.

Definisi :

1. Fasilitator : Para guru/staff yang mampu memfasilitasi siswa dalam membantu mereka dalam menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Baik dalam bentuk “Applied English Community” atau “Teaching- Learning Activities”.

2. Motivator : Para guru/staff yang bisa memotivasi siswa di dalam kelas dengan berperan langsung dalam “English Art”. Sehingga para siswa juga bisa melihat bahwa para civitas akademik memberi respon positive akan pentingnya Bahasa Inggris. 

3. Maximized Teacherhood : Dalam hal ini adalah Guru Maksimal yang mampu memberdayakan potensi diri dalam membaca tuntutan global sekarang ini, yaitu guru yang mau menemukan kesejatiannya profesinya dalam menghadapi tuntutan global jaman tersebut. 

Tujuan Dan Sasaran :

Menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kedua sehari-hari di sekolah. Untuk mencapai tujuan ini, maka Para guru/dosen/staff dituntut untuk dapat:

1. Menjadi Facilitator Bahasa Inggris (*)
2. Oral Participation in daily learning process
3. Mengaktifkan group-discussion (Membuat siswa aktif dalam belajar berkelompok “English Art”).
4. Active presentation/oral skills/Melakukan presentasi/berbicara.
5. Sekolah & univesitas lokal menyelenggarakan Program Brother - School & Sister- School dengan sekolah di luar negeri dengan cara bergabung bersama Global Gateway Programme.
6. Guru & Dosen bergabung dalam Teacher’s International Professional Development. KKG/MGMP International Links and Partnership 
7. Guru & Dosen dapat mengakses international test melalui Trends in International Mathematics & Science 

NB : (*) Diseleksi sebelumnya

Proses :

1. Pre-Test (Instant Structure)
2. Pelatihan Para guru/dosen/staff , (32 hours)
3.Test (Seleksi Fasilitator Bahasa Inggris)
4. Pelatihan calon fasilitator Bahasa Inggris (32 hours)
5. Pengangkatan English Facilitator
6. Persiapan Program (kurikulum, silabus)
7. Launching (disarankan pada awal Tahun ajaran baru)
8. Seminar Bilingual School
9. Supervisi & Evaluasi secara bertahap

Bilingual :

1. 70% masyarakat dunia menggunakan lebih dari satu bahasa.
2. Memiliki komunitas bilingual adalah aset yang positif.
3. Tentu saja menguntungkan perkembangan intelektual siswa.
4. Mendukung perkembanga bahasa ibu, meningkatkan perkembangan bahasa kedua. 
5. Belajar bahasa kedua selalu efektif ketika diajarkan dalam proses belajar.
6. Memperoleh bahsa kedua membutuhkan motivasi.
7. Motivasi terbesar berasal dari guru dan orang tua.


Profil Pembicara :

Ramot Mangatur Simanjuntak telah menjadi pengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (English as Second Language) selama 11 tahun. Lulus dari Fak.Sastra & Filsafat UNIKA ST.THOMAS Medan tahun 1998. Beliau telah menyampaikan beberapa seminar, workshop, pelatihan Bahasa Inggris di Jabotabek, Medan, Surabaya, Semarang, Lampung, Probolinggo, Pekan Baru, Batam dan sekolah, perusahaan di Indonesia. Pembelajaran mandiri lewat internet yang telah dia peroleh, dipadukan dalam pelajaran Bahasa Inggris. Dan juga memberikan sharing, asistensi kepada English Teachers & Non-English teachers. Beliau berpengalaman dalam Bilingual Training for School dan terlibat dalam pelatihan tersebut selama 8 tahun terakhir. Sampai saat ini masih bekerja sebagai Teacher Trainer dan CEO pada rayprofoundation sebuah lembaga konsultasi bilingual (training & coaching), language hardware & software detailed.


Jika ada pertanyaan, kami siap menjawab.

Terima Kasih.


Penelusuran program lebih detail, silahkan klik :

http://www.facebook.com/group.php?gid=121158243458#!/event.php?eid=136419634009&ref=mf